Breaking News
Loading...
Thursday 22 May 2014

Mengganti Nama Hostname

5/22/2014 06:12:00 am

Selamat datang di kunci-petunjuk.blogspot.com. Masih dalam tema yang sama, posting ke3 kali ini akan mengusung sebuah tema sesuai dengan sisa artikel lama yang ada di laptop admin. Hehe :) judulnya Mengganti Nama Hostnama pada sistem operasi Linux. Cara yang simple tapi kadang lupa ketika sedang dibutuhkan. #pengalaman admin nih.. hehe :D

Hostname adalah penamaan pada setiap computer dalam jaringan, agar memiliki nama mesin yang berbeda. HostName tersebut memudahkan kita dalam membedakan setiap computer dalam jaringan, dibandingkan menghafal setiap Ip Address yang berbentuk numerik. Pada system operasi Linux dan Windows, layanan tersebut berjalan pada protocol NetBIOS (Mansyurin : 2011).

Sebenarnya ketika kita menginstall sistem operasi linux debian, kita telah ditanya untuk memberikan hostname pada sistem kita. Yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah setiap kita ingin mengganti hostname kita harus melakukan install ulang ?  jawabannya adalah tidak. Bayangkan saja, jika ingin mengganti hostname mengharuskan kita untuk menginstall ulang sistem kita, wah, mungkin tidak akan ada lagi yang menggunakan linux ehehe .
Penasaran caranya ?? silahkan download tutorial dalam bentuk pdf melalui link dibawah ini. semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer