Breaking News
Loading...
Thursday 22 May 2014

Kofigurasi Sudoers

5/22/2014 06:23:00 am

Selamat datang di kunci-petunjuk.blogspot.com. Tidak terasa sudah sampai pada posting ke-4 dari 5 posting yang direncanakan untuk sementara waktu mengisi kekosongan blog ini. Kali ini admin akan kembali membagikan tutorial kepada Anda yang mungkin membutuhkan tutorial tentang sudoers.

Root adalah hak akses tertinggi dalam sistem operasi linux. Dengan login menggunakan root, kita bisa mengubah seluruh settingan linux tanpa ada batasan apapun. Akan tetapi, jika status kita hanyalah sebuah user biasa, maka akan ada batasan – batasan apabila kita ingin mengutak – atik sistem operasi linux kita dan user biasa tidak akan bebas melakukan apapun yang dia inginkan.
SUDO (Super User DO) adalah sebuah cara yang bisa kita gunakan yakni dengan menggunakan user biasa, akan tetapi memiliki hak akses sebagai root / Super User. Dengan menggunakan SUDO, sebuah user biasa yang sebenarnya memiliki batasan – batasan dalam mengutak atik sistem debian kita, dapat menjadi seolah – olah dia adalah root.
Untuk dapat melakukan seperti itu, sebelumnya root haruslah terlebih dahulu mendaftarkan user tersebut kedalam sebuah list sudoers, yang mana dalam list itu, berisi nama user user yang dapat bertindak sebagai root, memiliki hak akses penuh atas sistem itu.
Jika berminat untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai bagaimana cara setting, silahkan di download tutorial yang ada melalui link dibawah ini. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer